Sunda-Kaganga
Sunda-Kaganga; Unique Sundaneese Art

Perbedaan aksara sunda kaganga dengan aksara kaganga sumatera

Label:
Perbedaan aksara sunda kaganga dengan aksara kaganga sumateraTernyata penamaan aksara “kaganga” tidak hanya milik sunda. Aksara tradisional sumatera pun bernama “kaganga”. Tentunya anda mungkin kenal, karena bila anda mengetik kata kunci “kaganga”, anda akan menemukan hasil pencarian teratas milik situs wikipedia tentang aksara kaganga. Dan yang akan anda lihat adalah aksara kaganga sumatera. Tepatnya aksara kaganga yang berasal dari sumatera bagian selatan.
Menurut wikipedia, Aksara Kaganga yang berasal dari sumatera bagian selatan ini adalah kumpulan aksara-aksara yang berkerabat. Adapun aksara yang berkerabat tersebut diantaranya aksara Kerinci, Rejang, Rencong, dan Lampung. Adapun perbedaan aksara sunda kaganga dan aksara kaganga sumatera ini dapat dilihat dari gambar kedua aksara tersebut berikut ini …

Aksara Sunda Kaganga
aksara konsonan sunda kaganga


Gambar aksara kaganga sumatera
aksara kaganga sumatera

Jelas kan perbedaan kedua aksara kaganga tersebut! Yang saya kira sama adalah garis dan lekuk-nya sama. Agak miring ke kanan.

Tidaklah mengapa penamaan kata “kaganga” yang sama. Toh aksara nusantara kita itu satu rumpun kok. Kalau mau diruntutkan aksara yang kita kenal ini (baik sunda atau sumatera selatan) berasal dari aksara pallawa yang berasal dari India. Aksara Pallawa sendiri adalah turunan dari Aksara Brahmi. Adapun Aksara Brahmi adalah dasar atau asal usul semua aksara di sejumlah daerah Asia Tenggara dan Selatan.

Persamaan ini, beralasan pula karena tiga huruf awal aksara tersebut yang sama yaitu ka ga nga. Seperti halnya huruf sansakerta dan india yang mempunyai awalan huruf demikian.

Terlepas dari perbedaan aksara Sunda Kaganga dengan aksara Kaganga Sumatera, toh ini adalah warisan budaya Indonesia. Sayang kalau keindahan salah satu karya manusia ini punah. Sudah sepatutnya kita jaga bersama.
0 komentar: