Sunda-Kaganga
Sunda-Kaganga; Unique Sundaneese Art

Apa itu Sunda Kaganga

Label: , , ,
Aksara Sunda Kaganga Atau huruf Sunda Buhun adalah huruf masyarakat Sunda yang bersejarah. Penggunaan Aksara Sunda Kaganga telah ada dari abad ke-8 masehi. Huruf sunda kaganga ini tertulis dalam berbagai bukti-bukti sejarah rakyat sunda seperti peninggalan sejarah berupa piagam dan prasasti-prasasti seperti Batutulis, Sanghayang Tapak, Kawali, Kebantenan, dan Geger Hanjuang. Dan ditemukan juga di berbagai naskah-naskah kuno di sejumlah wilayah tataran sunda.

Huruf Sunda Kaganga ini sekarang telah distandarisasikan atas prakarsa Disdik Jawa Barat bekerja sama dengan UPI dan Unpad, pada tanggal 20 Oktober 2008 di Aula Unpad. Sehingga muncullah unicode aksara Sunda Kaganga.

Namun karena mungkin sosialisasi yang kurang gereget dari pemerintah (seperti yang Kompas katakan "Kurang Gencar, Sosialisasi Aksara Kaganga"), huruf Sunda Kaganga masih belum diketahui mayoritas urang Sunda.

Huruf Sunda Kaganga berjumlah 32 huruf, terdiri dari, 7 aksara swara 'vokal mandiri' dan 25 aksara ngalagena (konsonan).

1. 7 aksara swara 'vokal mandiri'

Mengenal Huruf Sunda Kaganga | 7 aksara swara/ vokal mandiri

2. 25 aksara ngalagena (konsonan)

Mengenal Huruf Sunda Kaganga | 25 aksara ngalagena

Aksara swara/vokal mandiri artinya huruf vokal tersebut digunakan ketika tidak digunakan oleh konsonan. seperti huruf i pada ipang dan imas,huruf a pada mulia dan air, dan sebagainya.

Adapun huruf konsonan dalam huruf Sunda Kaganga sudah merangkap dengan huruf vokal /a/. seperti ka, ga, nga, pa, dan sebagainya. Adapun jika ingin dirubah menjadi ku, ke, atau ko maka harus memakai Rarangken...

Ada 14 macam Rarangken yang terdiri dari 3 kategori.. satu) rarangken yang ditulis di atas huruf, dua) di bawah huruf, dan tiga) sebaris dengan huruf.

Satu, 5 macam rarangken yang ditulis di atas huruf

Mengenal Huruf Sunda Kaganga | rarangken yang ditulis di atas huruf | panghulu, pamepet, paneuleung, panglayar, panyecek

Dua, 3 macam rarangken yang ditulis di bawah huruf

Mengenal Huruf Sunda Kaganga | rarangken di bawah huruf | panyuku, panyakra, panyiku

Tiga, 6 macam rarangken yang ditulis sebaris dengan huruf

Mengenal Huruf Sunda Kaganga | rarangken sebaris huruf | panolong, paneleng, paningkal, pangwisad,  paten, pamaeh

Kalau berminat download font huruf sunda kaganga silakan di sini
> SundaneseUnicode-1.0.5.ttf

terima kasih, hatur nuhun, mudah-mudahan bermanfaat kanggo ka sadayana.. Apa itu Sunda Kaganga? Setidaknya anda sekarang sudah kenal ...

_____________________________________


Referensi,
> http://www.omniglot.com/writing/sundanese.php
> http://sabilulungan.org
> http://ngariung.com/viewtopic.php?t=562
> http://irfanimovick.blogspot.com/sunda-kaganga
> http://sunda-kaganga.com
1 komentar:

wah menarik euy kang
hatur nuhun kang
salam ti karawang :)